Halaman

Sabtu, 08 Januari 2011

Meski statusnya "Awas", Bromo tetap menarik bagi wisatawan




Meski statusnya "Awas", Bromo tetap menarik bagi wisatawan

Kompas/Heru Sri Kumoro
Aktivitas Gunung Bromo, yang bersatus Awas (level IV) dan belakangan meningkat, justru menarik wisatawan untuk menyaksikannya dari jarak dekat, dari Puncak Penanjakan, Pasuruan, Jawa Timur

Wisatawan memilih Puncak Penanjakan di Wonokitri, Pasuruan, karena lokasinya aman. Sementara, jalur Probolinggo yang melewati laut pasir, ditutup total dengan alasan keamanan.

Puncak Penanjakan merupakan lokasi tertinggi untuk menyaksikan panorama Gunung Bromo, dan jika tidak terhalang kabut Gunung Semeru bisa jadi latar belakang bagi Bromo.

Yunianto, salah seorang staf dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Peberantasan Penyakit Menular (BBTKL-PPM) Kementerian Kesehatan yang tengah melakukan pemantauan udara di sejumlah titik di sekitar Gunung Bromo mengatakan, kualitas udara di Puncak Penanjakan cukup aman bagi wisatawan."Berdasarkan hasil laboratorium, kualitas udara di Puncak Penanjakan masih di bawah batas ambang batas noimal," ucap Yunianto mengungkapkan.

Pasangan wisatawan asal Belanda, Heinz dan Ivone, sangat tertarik dengan keindahan panorama Gunung Bromo. Meski telah mengetahui bahwa Gunung Bromo belakangan ini meningkat aktivitasnya, mereka mengaku tidak takut.

Sukarji, seorang tokoh masyarakat Desa Sedaeng mengatakan, wisatawan tak perlu takut ke Bromo, lewat Pasuruan, karena masih aman dari dampak peningkatan aktivitas Gunung Bromo. Sukarji menyayangkan munculnya berita dan hiruk pikuk pejabat yang berlebihan. 

Ia berharap agar pemerintah segera berkonsentrasi meningkatkan infrastuktur industri pariwisata di Gunung Bromo, seperti memperbaiki jalan antara Dingklik-laut pasir (kaldera) sepanjang 4 kilometer. Jalan yang sudah rusak sekitar empat tahun itu selalu dilalui wisatawan yang datang dari arah Probolinggo maupun Pasuruan.

Teks oleh Heru Margianto/Kompas.com
Sumber: National Geographic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar